Bakti Sosial Bantu Pengungsi Merapi di Barak Pengungsian Glagaharjo

Bakti Sosial Bantu Pengungsi Merapi di Barak Pengungsian Glagaharjo – Kamis, (31/12/20) RWA Foundation mendatangi salah satu barak pengungsian erupsi merapi yang berada di Desa Glagaharjo, Cangkringan. Jumlah pengungsi di barak ini sebanyak 225 orang yang rata-rata adalah para lansia, balita dan ibu hamil sampai dari data terakhir tanggal 19 Desember 2021 lalu. Pembagian bantuan yang berupa peralatan mandi, buah-buahan dan kebutuhan lainnya yang diperlukan sudah diserahkan secara simbolis di bagian depan ruang administrasi, dikarenakan kondisi barak pengungsian saat itu tidak memperkenankan untuk tim melakukan kontak secara langsung dengan para pengungsi, karena mayoritas pengungsi adalah lansia, balita dan ibu hamil yang rentan dalam kondisi pandemic seperti sekarang ini. Mayoritas pengungsi yang berada di barak glagaharjo, cangkringan adalah warga dari daerah kali tengah lor.

Para pengungsi sudah di evakuasi terhitung dari  akhir oktober 2021 yaitu sejak status merapi dinaikkan menjadi status siaga III. Terlihat pula beberapa hewan ternak juga tidak luput dari pengawasan BNPB yang turut dibawa ke pengungsian. Tidak hanya bantuan sembako yang diberikan, bantuan untuk hewan ternak juga, seperti rumput dan pupuk diberikan di barak ini.

“kami mewakili unit kelurahan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan, sangat bermanfaat bagi warga kami, semoga Allah SWT membalas kebaikan ibu dan teman-teman” Kata Supriyadi (Pengurus Pengungsi Merapi Barak Glagaharjo).

 

Meskipun kebutuhan pangan sudah terpenuhi, yang sering lepas dari perhatian adalah bantuan untuk keperluan pribadi pengungsi seperti susu, popok, handuk, gayung, obat-obatan, peralatan ibadah. Tim RWA akan mengumpulkan keperluan pribadi untuk pengungsi erupsi merapi lainnya.

Bakti Sosial Bantu Pengungsi Merapi di Barak Pengungsian Glagaharjo

Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh bantuan ? Silakan hubungi kami